Tugas Online 1 Hukum Bisnis

 

Pada dasarnya perjanjian baku adalah konsep-konsep tertulis, disusun tanpa membicarakan isinya dan lazimnya dituangkan ke sejumlah tak terbatas perjanjian yang sifatnya tertentu . nah, Pihak Bank memilih jenis Perjanjian baku sepihak. Perjanjian sepihak adalah perjanjian yang isinya ditentukan oleh pihak yang kuat kedudukannya di dalam perjanjian itu. Pihak yang kuat di sini adalah pihak kreditur yang lazimnya mempunyai posisi ekonomi kuat dibandingkan pihak debitur, dan kedua pihak ini pun terikat dalam organisasi. Adapun unsur yang terkait dalam perjanjian diatas yaitu Unsur esensialia, unsur yang mutlak ada dalam suatu perjanjian (karena ditetapkan melalui UU yang bersifat memaksa).

Kesimpulannya, isi perjanjian baku telah dibuat oleh satu pihak, sebagai pihak lainnya tidak dapat mengemukakan kehendak secara bebas. Singkatnya tidak terjadi tawar-menawar mengenai isi perjanjian sebagaimana menurut asas kebebasan berkontrak. Dengan demikian, dalam perjanjian baku berlaku adagium, “take it or leave it contract”. Maksudnya apabila setuju silakan ambil, dan bila tidak tinggalkan saja, artinya perjanjian tidak dilakukan. Memperhatikan keadaan demikian, banyak isi perjanjian baku yang memberatkan atau merugikan konsumen .

 

 

353 thoughts on “Tugas Online 1 Hukum Bisnis

  1. Pingback: build a free dating website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>